Mitos Menstruasi


Mitos Menstruasi - Hampir aktivitas yang anda lakukan berhubungan dengan mitos. Bahkan siklus bulanan atau menstruasi selalu dikaitkan dengan mitos yang belum tentu kebenarannya. Lebih anehnya lagi banyak wanita yang mempercayai akan kebenaran mitos sehingga melakukan hal-hal aneh yang justru dalam penjelasan ilmiahnya tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan menstruasi.

Apakah anda diantaranya ? Mitos mana yang tidak asing untuk anda ketika sedang menstruasi, mari kita cari tahu penjelasan ilmiahnya.

Mitos : Minum soda untuk memperlancar haid

Menstruasi yang tidak lancar membuat anda tersiksa untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Beberapa dari wanita yang sedang menstruasi minum-minuman bersoda yang konon akan memperlancar haid. Betulkah? Dikutip dari The sun bahwa dengan minuman bersoda sering digunakan hampir oleh wanita yang sedang menstruasi untuk memperlancar haidnya. Pendapat ini ternyata dipatahkan oleh penelitian yang ternyata tidak ada hubungan sama sekali minuman bersoda dengan hormon dan faktor psikis lainnya. Menstruasi yang tidak lancar diakibatkan adanya faktor internal yaitu hormon yang bertugas mengatur siklus menstruasi tidak seimbang. Hal ini dapat dipengaruhi oleh keadaan stress dan perubahan berat badan. Ini membuktikan kepada anda bahwa untuk memperlancar haid tidak ada hubungannya dengan minuman bersoda.

Mitos : Jangan minum-minuman dingin ketika sedang haid

Betulkah minum-minuman dingin ketika sedang haid akan menyebabkan darah membeku sehingga berakibat kista ? Anda mungkin sering mendengar pendapat tersebut, akan tetapi mari simak penjelasan berikut : 
Menstruasi berhubungann dengan sistem reproduksi wanita sedangkan minum dan makan akan berhubungan dengan sistem pencernaan. Anda bisa mengetahui sendiri bahwa dua sistem yang berbeda yaitu sistem reproduksi dan sistem pencernaan yang terpisah dan tidak ada hubungan satu sama lainnya.http://alatperagakesehatan.net/phantom-kebidanan-general-doctor/  Sehingga secara medis tidak benar adanya pengaruh antara minum-minuman dingin yang anda konsumsi sedang haid dengan adanya gangguan pada mentruasi. Apalagi hingga menyebabkan adanya pembekuan darah, itu hanya kesalahan cara pandang masyarakat.


Mitos : Tidak boleh keramas ketika sedang menstruasi

Anda diantaranya yang mempercayai mitos ini ? Terbayang lepek sekali rambut anda selama mentruasi karena tidak boleh mencuci rambut. Betulkah kebiasan mencuci rambut di hari pertama akan mempercepat anda mengalami menopause. Situs wordpress dari pendapat Dr. Caroline Tirtajasa,Sp,OG tidak adanya larangan ketika sedang menstruasi. Menjaga kebersihan adalah hal terpenting ketika sedang menstruasi. Begitu pula dengan mencuci rambut, kebersihan kulit kepala ketika sedang menstruasi harus lebih dijaga karena adanya perubahan hormon.

Mitos : Minum Obat pereda nyeri saat menstruasi pengaruhi kesuburan

Obat pereda nyeri aman digunakan untuk anda yang ingin menghilangkan rasa sakit ketika sedang haid. Akan tetapi anda juga harus memperhatikan penggunaanya, gunakan jika memang dibutuhkan. Hubungan dengan kehamilan yang sampai saat ini diteliti memang tidak dapat dinyatakan sepenuhnya mengganggu kesuburan karena selama mengikuti anjuran dokter. Adapun beberapa kasus yang bisa mengakibatkan gangguan terhadap kesuburan karena adanya pertumbuhan jaringan endometrium ke dalam otot rahim akan mempengaruhi kesuburan meskipun tidak mempengaruhi semua wanita.

Posting Komentar